banner 728x90

5 Tahun Penjara untuk Para Gafatar

banner 728x90

Frekvensi.com, Jakarta – Investigasi terhadap Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) oleh Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Sesat Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem) telah selesai. Simpulannya lembaga bentukan Ahmad Musadeq itu menyimpang dari ajaran Islam.

Hasil investigasi itu akan mendasari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengeluarkan fatwa pelarangan Gafatar. Rencananya, fatwa itu akan dikeluarkan akhir bulan ini.

“Kami meminta MUI menerbitkan fatwa terhadap Gafatar. Harapannya, dalam fatwa itu Gafatar disebut menyimpang dari ajaran pokok, Islam,” kata Adi seusai memimpin rapat Bakorpakem di gedung Kejagung kemarin (21/1/2016).

Adi Toegarisman, Ketua Bakorpakem sekaligus Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel), mengatakan bahwa Bakorpakem mengeluarkan 5 putusan terkait Gafatar. Satu di antaranya, kegiatan keagamaan Gafatar terindikasi melenceng.

Sekaitan dengan hal itu, Brigjen Bambang menyatakan bahwa fatwa MUI akan menjadi landasan bagi kepolisian untuk bergerak sekaitan dengan Gafatar. Setelah MUI mengeluarkan fatwa kesesatan Gafatar, Polri akan memproses pidana pimpinan dan pengikut organisasi itu dengan jeratan pasal 156 KUHP atas sangkaan penodaan agama.

Pasal itu akan menjerat pelaku dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara, sebagaimana dulu diterapkan terhadap Ahmad Musadeq, terang Bambang. Pasal itu tidak hanya ditujukan pada Ahmad musadeq, tapi juga pada petinggi Gafatar. Namun, Polri akan mencari lebih jauh bukti-bukti sekaitan hal itu, tambah Bambang.

“Jadi, kuncinya ada pada fatwa MUI. Tanpa fatwa itu, tentu kami hanya menjerat dengan pasal penculikan seperti yang terjadi di Jogja,” tegas Bambang.

banner 728x90

Tags: #aliran sesat Gafatar #Ancaman untuk Gafatar #Fatwa MUI #pasal 156 KUHP

Desakan Agar MUI Keluarkan Fatwa terhadap Gafatar
Frekvensi.com, Jakarta – Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM) Pusat
Februari 2016, MUI Umumkan Fatwa Soal Gafatar
Frekvensi.com, Yogyakarta - Gerakan Fajar Nusantara disebut juga Gafatar, membuat heboh lantaran diduga menyebarkan ajaran
Penyebar Ajaran Gafatar Kena Razia di Pelabuhan Dwikora
Frekvensi.com, Pontianak - Dua orang pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) terjaring razia penumpang kapal
Gafatar Bukan Tugas Kemenag Tapi Kewenangan MUI
Frekvensi.com, Surabaya - Kementerian Agama atau Kemenag Jawa Timur meminta Majelis Ulama Indonesia menyikapi
banner 728x90

Leave a reply "5 Tahun Penjara untuk Para Gafatar"