banner 728x90

Desakan Agar MUI Keluarkan Fatwa terhadap Gafatar

banner 728x90

Frekvensi.com, Jakarta – Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM) Pusat mendesak MUI agar mengeluarkan fatwa terkait Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara). Jaksa Agung Muda Intelijen, Adi Toegarisman, dalam konferensi pers di Kejaksaan Agung (20/1/2016) mengatakan bahwa Tim PAKEM Pusat telah meminta MUI untuk segera menerbitkan fatwa mengenai Gafatar.

Rapat Tim Pakem bersama kepolisian, TNI, MUI, Kemendagri, dan Kemenag menyimpulkan bahwa ajaran agama Gafatar terindikasi menyimpang. Adi menjelaskan bahwa awalnya Gafatar merupakan organisasi Komunitas Millah Abraham yang berubah menjadi Al-Qiyadah Al-Islamiyah yang sebelumnya dinyatakan terlarang. Sekaitan dengan hal ini, MUI diminta segera mengeluarkan fatwa untuk Gafatar.

Adi menambahkan bahwa Tim Pakem akan menunggu fatwa resmi dari MUI. Selanjutnya, akan dikeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) bertanda tangan Jaksa Agung, Mendagri, dan Menteri Agama. Isi surat itu meminta masyarakat agar menolak Gafatar. Selanjutnya, Gafatar akan ditindak tegas hingga sanksi pidana.

Utang Ranuwijaya, Ketua Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI, yang juga hadir pada pertemuan itu mengatakan bahwa Gafatar telah diteliti selama empat bulan terakhir. Ia juga memastikan fatwa akan segera keluar. Tim Pengkajian dan Penelitian akan melaporkan hasilnya minggu depan, tegasnya.

banner 728x90

Tags: #Fatwa MUI #Gafatar dibubarkan #Gerakan Fajar Nusantara #Gerakan Gafatar

5 Tahun Penjara untuk Para Gafatar
Frekvensi.com, Jakarta – Investigasi terhadap Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) oleh Badan Koordinasi Pengawasan
Februari 2016, MUI Umumkan Fatwa Soal Gafatar
Frekvensi.com, Yogyakarta - Gerakan Fajar Nusantara disebut juga Gafatar, membuat heboh lantaran diduga menyebarkan ajaran
Penyebar Ajaran Gafatar Kena Razia di Pelabuhan Dwikora
Frekvensi.com, Pontianak - Dua orang pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) terjaring razia penumpang kapal
Gafatar Bukan Tugas Kemenag Tapi Kewenangan MUI
Frekvensi.com, Surabaya - Kementerian Agama atau Kemenag Jawa Timur meminta Majelis Ulama Indonesia menyikapi
banner 728x90

Leave a reply "Desakan Agar MUI Keluarkan Fatwa terhadap Gafatar"