banner 728x90

Paket Ekonomi VIII Permudah Perawatan Pesawat

banner 728x90

Frekvensi.com, Jakarta - Paket Kebijakan Ekonomi Jilid VIII dari pemerintah memberikan insentif untuk mendorong industri penerbangan. Salah satunya, berlakunya tarif bea masuk 0 persen untuk suku cadang pesawat.

Direktur Utama Lion Air, Edward Sirait menyambut positif terkait kebijakan itu. Menurutnya, ini akan memberikan pengaruh positif untuk industri perawatan pesawat nasional. ”Kita akhirnya sama dengan negara tetangga yang memberikan bea masuk nol. Kedua, akan membantu air line dalam perawatan pesawat mempermudah suku cadang itu datang,” katanya di Lion Air Tower, Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Edward menerangkan, kebijakan itu kian mempermudah airlines memperbaiki pesawat ketika suku cadangnya rusak. Pasalnya, maskapai tidak perlu menunggu lama akan proses masuknya suku cadang di bea cukai.

Dampak dari kebijakan ini tentunya akan dirasakan langsung oleh maskapai yang menggunakan pesawat lawas yang membutuhkan banyak suku cadang. “Jadi dampak akan positif, seberapa besar dampak terhadap operasional pesawat tergantung airline. Kalau yang pesawat baru yang belum terlalu banyak pakai spare part tentu pengaruhnya cukup kecil,” pungkas Edward.

Dengan bea masuknya nol persen supaya perusahaan penerbangan segera menerima pesanan suku cadang tanpa perlu rekomendasi. Sebab, selama ini sebagian besar bea masuk suku cadang sudah relatif rendah sekitar 5 hingga 15 persen.

Sebagian besar suku cadang diproduksi di luar negeri, aturan yang berlaku adalah Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP) dan diatur lewat Peraturan Menteri Perdagangan. Akan tetapi, aturan BMDTP justru membuat suku cadang pesawat lebih lama lantaran harus mendapat rekomendasi dulu dari kementerian terkait.

banner 728x90

Tags: #Industri Penerbangan #Paket Ekonomi VIII #Paket Kebijakan Ekonomi #Perawatan Pesawat

Motor Sport Kawinan TVS-BMW Masuk Indonesia
Frekvensi.com, Bogor – TVS Motor akan tetap memproduksi sepeda motor sendiri meski resmi
TVS Hadirkan RTR 200 4V 250cc
Frekvensi.com, Bogor – Hari ini, TVS menghadirkan Apache RTR 200 4V di Sirkuit
Freeport: Pengganti Maroef Sjamsoeddin, Orang Indonesia
Frekvensi.com, Jakarta – Kursi Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia yang sedang kosong
Pasca Teror di Thamrin, Turis Tetap Berani Main
Frekvensi.com, Jakarta – PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) mengakui teror bom yang
banner 728x90

Leave a reply "Paket Ekonomi VIII Permudah Perawatan Pesawat"