banner 728x90

Jet Tempur Milik India Berhasil Mendarat di Jalan Tol

banner 728x90

Intanews - Untuk pertama kalinya, India berhasil mendaratkan pesawat jet tempur di jalan tol. Ini dilakukan sebagai bagian dari uji coba untuk pendaratan darurat.

Mereka menggunakan pesawat jet tempur jenis Mirage 2000 ketika uji coba mendarat di jalan utama yang menghubungkan ibukota, Delhi, Agra itu, pada Kamis (21/5) pagi.

Jalan tol sepanjang 102 mil tersebut adalah salah satu jalan raya yang paling modern di India. Angkatan udara berencana mengembangkan berbagai jalan raya di India untuk dijadikan landasan saat darurat.

Angkatan Udara India menyebtukan, dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat terbang India sedang mengadakan “pelatihan di jalan raya, turun di ketinggian 100 meter sebelum mendarat” di negara bagian Uttar Pradesh.

Sejumlah petugas keamanan dikerahkan di sepanjang bentangan jalan raya untuk memastikan aman ketika latihan itu berlangsung. Para pejabat senior angkatan udara juga hadir untuk menyaksikan pendaratan dan lepas landas tersebut.

Saluran berita NDTV memberitakan sebuah kontrol lalu lintas udara darurat telah disiapkan, perlidungan dan pemadam kebakaran serta regu penyelamat juga sudah siap.

“Lalu lintas di jalan tersebut terpaksa dihentikan selama beberapa jam saat latihan berlangsung. Masyarakat setempat, termasuk warga dari desa terdekat, hanya bisa melihat dari kejauhan,” sebut laporan.

Landasan pacu jalan biasanya digunakan untuk pendaratan darurat bila pangkalan udara diserang selama masa perang.

Sejumlah negara, termasuk negara tetangga Pakistan, sudah menggunakan jalan tol untuk pendaratan pesawat tempur. (indopos)

banner 728x90

Tags: #India #Pesawat Jet #Uji Coba

author
Author: 
Serangan di Sarinah Bikin Negeri Tetangga Khawatir
Frekvensi.com, Jakarta - Serangan teror bom dan penembakan di Sarinah, Jakarta Pusat, membuat tiga
ASEAN Minta Korut Indahkan Resolusi DK PBB
Frekvensi.com, Jakarta - Pernyataan menyikapi uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut)
Balas Uji Nuklir, Korsel Sebarkan Propaganda Anti-Korut
Frekvensi.com, Seoul - Korea Selatan kembali melakukan aksi propaganda perang anti-Korea Utara dengan alat
Buntut Uji Bom Korut, Media Cina Salahkan AS dan Sekutunya
Frekvensi.com, Beijing - Media utama Tiongkok yang dikenal sebagai poros Partai Komunis, Global Times menyalahkan negera
banner 728x90

Leave a reply "Jet Tempur Milik India Berhasil Mendarat di Jalan Tol"