banner 728x90

Pemecatan Ratusan Kader Demokrat Jelang Kongres Dibantah Ibas

banner 728x90

Frekvensi.com, Surabaya - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas membantah soal adanya pemecatan ratusan pengurus Demokrat di daerah jelang dilaksanakannya Kongres IV. Menurut Ibas, yang terjadi adalah pergantian pimpinan Demokrat di daerah dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Ibas menuturkan, sejak 2010-2015, ada pergantian 89 pimpinan Demokrat di tingkat kabupaten/kota. Pernyataan itu ia ungkapkan sekaligus untuk menepis adanya pemecatan 161 kader Demokrat di daerah yang disampaikan oleh Kaukus Penyelamat Partai Demokrat.

“Selama lima tahun, tercatat DPP benar mengeluarkan surat Plt (pelaksana tugas) 89 dan itu suatu hal yang wajar,” ujar Ibas, di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/5/2015).

Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR itu menjelaskan, pergantian 89 pimpinan Demokrat di daerah didominasi dengan alasan kader tersebut meninggal dunia, pindah ke partai lain, dan tersangkut masalah hukum. Pergantian pimpinan itu juga dilakukan sejak beberapa tahun lalu dan Ibas memastikan tidak ada kaitannya dengan penyelenggaraan Kongres IV.

“Jadi kalau disebutkan ada seratusan di Plt, itu tidak benar,” katanya.

Para Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat yang dipecat berkumpul di Jakarta, Kamis (30/4/2015). Mantan Ketua DPC Surabaya Dadik Risdariyanto mengatakan, meski hanya dihadiri sekitar 20 kader, deklarasi hari ini telah didukung oleh 161 Ketua DPC yang telah dipecat. Mantan Ketua DPC Kepulauan Talaut, Alex Riung, menegaskan akan melakukan perjuangan hingga ke Surabaya, tempat Kongres Demokrat akan dilaksanakan.

“Kami juga akan memperjuangkan ini hingga ke Surabaya. Kita akan bergerak ke sana,” kataAlex.

Sementara itu, mantan Ketua DPC Salatiga Iwan Setyo mengatakan, deklarasi penyelamatan partai ini sesuai dengan pesan Susilo Bambang Yudhoyono pada kongres luar biasa di Bali pada 2013 silam. Waktu itu, SBY menyampaikan keinginannya untuk tidak terlalu lama menjabat sebagai ketua umum.

“Dengan ini, kami mendeklarasikan kaukus penyelamat Partai Demokat yang terdiri dari arus bawah kader Demokrat yang selama ini berjuang bersama partai,” kata Iwan.

Kongres IV Partai Demokrat akan digelar Selasa (12/5/2015) malam, di Hotel Shangri-La, Surabaya. Dalam acara ini akan dipilih dan ditetapkan ketua umum periode 2015-2020. Ada tiga nama yang sudah mengemuka dan digadang-gadang akan maju sebagai bakal calon ketua umum, mereka adalah Susilo Bambang Yudhoyono, Gede Pasek Suardika, dan Marzuki Alie. Presiden Joko Widodo dan sejumlah pimpinan partai politik direncanakan hadir saat pembukaan peristiwa besar tersebut.

Sumber: Tribun News

 

banner 728x90

Tags: #Edhie Baskoro Yudhoyono #Partai Demokrat #Pemecatan Kader Demokrat

author
Author: 
Diduga Pejabat Terlibat Kasus Korupsi Kondensat
Frekvensi.com, Jakarta - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri sedang menelusuri kemungkinan terlibatnya para pejabat dalam kasus
Novel Minta Ganti Rugi Rp 1 M ke Polri
Frekvensi.com, Jakarta - Novel Baswedan berhasil mendaftarkan diri untuk praperadilan pertamanya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,
Polsek Duren Sawit Tangkap 3 Pelaku Begal
Frekvensi.com, Jakarta -  Tiga pelaku begal yang biasa beraksi di Kanal Banjir Timur (KBT)
Ahok Geram Masih Ada PNS yang Main Anggaran
Frekvensi.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengakui masih sedikitnya program yang
banner 728x90

Leave a reply "Pemecatan Ratusan Kader Demokrat Jelang Kongres Dibantah Ibas"