Berikan ODHA Kesempatan Sama Untuk Berkarya

HIV/AIDSHIV/AIDS (Foto: guardianlv.com)

Frekvensi.com, Wamena - Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Sehat Papua Hendrik Yance Udam mengatakan bahwa penderita HIV/AIDS (ODHA) punya hak dan kesempatan yang sama dengan warga lainnya, sehingga jangan disisihkan.

“ODHA perlu dilakukan pendampingan dan penyuluhan terus menerus, berikan mereka hak dan akses yang sama sehingga bisa terus bekreasi dan berkarya,” ungkap Hendrik ketika dihubungi dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (2/11/2015).

Hendrik sampaikan hal itu menyusul diskusi Gerakan Pemuda Sehat (GPS) yang mengusung tema Generasi Muda Papua Hidup Sehat dan Bebas dari HIV dan AIDS yang sudah dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Jayapura, Papua, Selasa (1/12/2015).

“Kita juga jangan sampai menutup mata terhadap para ODHA. Kita jangan memandang mereka sebagai penyakit masyarakat tetapi bagaimana kita menggenadeng mereka untuk memberikan motifasi yang positif guna memajukan Papua kedepan,” tambah Hendrik.

Ia menilai, diskusi yang dilakukan itu selain untuk memperingati Hari AIDS sedunia yang diperingati setiap 1 Desember, juga ingin mengingatkan kepada generasi muda Papua supaya peduli dengan penyakit yang belum ada obatnya tersebut.

“Intinya GPS Papua inginkan pemahaman yang baik dan benar apa itu HIV/AIDS, bagaimana penularannya, bagaimana pencegahannya dan bagaimana menanganinya. Harapannya generasi muda Papua bisa terhindar dari penyakit ini melalui diskusi-diskusi yang berbobot,” jelas Hendrik.