ODHA di Bekasi Terancam Bertambah

Masyarakat Kabupaten Bekasi memperingati Hari AIDS yang jatuh pada Selasa (1/12) di depan RSUD Kabupaten Bekasi.Masyarakat Kabupaten Bekasi memperingati Hari AIDS yang jatuh pada Selasa (1/12/2015) di depan RSUD Kabupaten Bekasi. (Foto: Radar Bekasi)

Frekvensi.com, Kesehatan – Melakukan seks bebas dan sering berganti-ganti pasangan jadi salah satu faktor utama penyebaran HIV/AIDS. Dampaknya, angka Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Bekasi selalu bertambah.

Penularan penyakit yang menyerang sistem kekebalan pada tubuh manusia tersebut amat berpotensi lewat Pekerja Seks Komersial (PSK). Pasalnya, PSK biasanya melayani pria hidung belang dengan beberapa lelaki setiap harinya.

Ancaman bertambahnya angka ODHA di Kabupaten Bekasi saat ini kian nyata lantaran berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bekasi, hingga di akhir 2015 ini tercatat ada 1.070 perempuan PSK. Ribuan PSK itu tersebar di 23 kecamatan se-kabupaten, yang lazimnya beraksi di lokalisasi dan tempat hiburan malam.

“Data terbaru bertambah jadi 1.070 perempuan PSK dari sebelumnya hanya seribu yang terdata baik langsung maupun tidak langsung, artinya kalau yang langsung itu sudah jelas bisa di booking,” ungkap Pengelola KPA Kabupaten Bekasi, Ade Bawono setelah memperingati Hari AIDS di komplek RSUD Kabupaten Bekasi, Selasa (1/12/2015).

Halaman 1 2