Warga Dunia Peringati Hari Hepatitis Sedunia 2015

Logo Hari Hepatitis SeduniaLogo Hari Hepatitis Sedunia | Twitter

Intanews, Dunia - Hari ini tepat pada 28 Juli setiap tahunnya, warga dunia memperingati Hari Hepatitis Sedunia atau dalam bahasa internasionalnya adalah World Hepatitis Day.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis pernyataan tertulis untuk memperingati Hari Hepatitis Sedunia. Bada kesehatan dunia itu pun menyerukan setiap negara untuk melakukan tindakan cepat dalam rangka memberantas hepatitis.

Kampanye tahunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia terhadap penyakit hepatitis B dan hepatitis C dan mendorong pencegahan, diagnosis dan pengobatan.

Kira-kira 500 juta jiwa di penjuru bumi hidup dengan hepatitis B atau hepatitis C. Sekitar 80 persen kematian dikarenakan kanker hati dan 1,4 juta jiwa terbunuh lantaran infeksi ini setiap tahun dan banyak lagi penderita virus baru.

Bila tidak diobati dan tidak ditangani, hepatitis B atau C bisa menyebabkan jaringan parut hati lanjut (sirosis hati) dan komplikasi lainnya, termasuk kanker hati atau gagal hati.

Hepatitis sendiri mempunyai empat jenis, yaitu A, B, C, D dan E. Masing-masing jenis hepatitis dibedakan berdasarkan virusnya. Hepatitis B sejauh ini paling berbahaya mengingat penyakit tersebut merupakan pembunuh ke 8 di dunia.

Kelompok hepatitis, pasien dan pendukung di seluruh dunia turut memperingati hari pada 28 Juli tersebut. Khususnya pada 2012 lalu, Guinness World Record telah dibuat saat 12.588 orang dari 20 negara melakukan aksi tiga monyet bijak pada Hari Hepatitis Sedunia untuk menandakan kebodohan yang disengaja dari penyakit.

 

Sumber: Merah Putih