Jokowi Perintahkan Tambah Pembangunan Bandara Morowali

Gubernur Sulawesi Tengah Longki DjanggolaGubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola

IntanewsPalu – Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Perhubungan untuk menambah pembangunan Bandar Udara Morowali demi mendukung kelancaran kawasan industri di daerah itu.

“Beliau menjanjikan akan menyelesaikan pembangunan bandara Morowali,” ujar Longki Djanggola usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam meresmikan pabrik pemurnian nikel di Morowali, Jumat (29/5).

Longki menungkapkan, Jokowi menyambut antusias investasi triliunan rupiah dari PT Sulawesi Mining Investment di daerah itu.

Jokowi juga melihat langsung ‘ferro nikel’ yang dikembangkan dari uji coba operasi pabrik pemurnian nikel tersebut.

“Tadi Pak Presiden sangat senang karena ternyata investor sangat serius menanam modalnya di kawasan industri,” beber Longki.

Dia menyebutkan, sebagai bantuan Pemerintah Pusat atas percepatan pembangunan kawasan industri di Morowali tersebut, Presiden berjanji bakal menambah panjang landasan ancang bandara Morowali dari sebelumnya 1.300 meter menjadi 1.850 meter.

“Supaya bandara itu bisa didarati pesawat besar,” ujar Longki.

Dia menyebut, infrastruktur bandara itu sangat menunjang kelancaran distribusi barang, orang dan jasa khususnya dari dan ke daerah Morowali.

Selain menjanjikan penambahan bandara, Jokowi juga menjanjikan pembangunan irigasi dan sumber air bersih guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja, sebab ”smelter” yang diresmikan Presiden itu diperkirakan bakal menyerap sekitar 60 ribu tenaga kerja.

“Presiden menjanjikan juga pembangunan irigasi besar untuk kepentingan sawah masyarakat di sana,” ungkapnya. (BeritaSatu)