KNKT Selidiki Penyebab Tabrakan KA Bangunkarta

Ilustrasi Kecelakaan KeretaIlustrasi Kecelakaan Kereta

Intanews - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Tim Internal PTKA diturunkan guna menyelidiki penyebab kecelakaan Kereta Api di Stasiun Waruduwur Kabupaten Cirebon, Jawa Barat tadi malam.

“KNKT sudah turun ke lokasi kejadian dan Tim Internal PTKA juga sudah melakukan penyelidikan di lokasi untuk memastikan penyebab kejadian itu,” ujar Kepala Humas PTKA Agus Komarudin ketika dihubungi, Minggu (24/5/2015).

Menurutnyaa, kedua tim tersebut sudah berada di lokasi kejadian di Stasiun Waruduwur, Cirebon sejak Sabtu malam dan Minggu ini melanjutkan penelitiannya.

“Tim itu langsung bergerak sesuai dengan prosedur tetap setiap insiden transportasi harus diselidiki KNKT,” ujarnya.

Sedangkan Tim Internal PTKA ujar dia, adalah tim dari sejumlah direktorat terkait dengan operasional, administrasi serta lainnya.

“Hasil penyelidikan tim itu akan diketahui dalam beberapa hari ke depan, untuk memastikan penyebab kecelakaan itu,” ungkap Agus.

Menurut Agus, kecelakaan di Stasiun Waruduwur bukan tabrakan KA, namun KA Bangunkarta yang sedang melaju ke Semarang menyenggol KA barang yang sedang berhenti di stasiun tersebut.

Sehingga, jalur utara mengalami hambatan perjalanan KA dan baru Minggu pagi kembali dilintasi satu jalur yakni jalur satu sehingga KA harus bergantian masuk.

Beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, satu korban luka yakni petugas KA barang sekarang ini dirawat di RS Cirebon. Satgas perbaikan jalur rel saat ini tengah melakukan evakuasi lokomotif dan sejumlah gerbong di stasiun itu. (okezone)