Menhub: Kadishub Provinsi Jabar, Jateng dan Jatim Harus Lakukan Pengawasan Bus Pariwisata

bus pariwisata

Frekvensi.com, Jateng – Dalam kegiatan pantauan dan tinjauan arus balik Angkutan Natal dan Tahun Baru di Jawa Tengah, Sabtu (30/12/2017), Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meminta Kadishub Provinsi Jabar, Jateng, dan Jatim untuk mengawasi bus pariwisata yang akan digunakan menuju tempat rekreasi. Hal ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan yang dialami bus pariwisata.

Pernyataan tersebut ditegaskan kembali dalam keterangan resmi sebagiamana dilansir VIVA, bahwa pada Minggu (31/12/2017) Menhub mengegaskan,  “Saya minta Kadishub Provinsi Jabar, Jateng, dan Jatim untuk melakukan pengawasan yang ketat pada bus pariwisata yang akan digunakan ke tempat-tempat wisata di Pulau Jawa. Terutama, cek pengereman jika bus akan melewati jalanan yang menanjak.”

Dalam kesempatan itu, Budi menyoroti beberapa tempat wisata dengan jalanan yang menanjak, antara lain Cianjur-Puncak, Gadog-Puncak, Bandung-Lembang, Subang-Tangkuban Parahu, Karang Anyar-Tawang Mangu, Purwokerto-Baturaden, Slawi-Guci Tegal, dan Jogjakarta-Kaliurang.

Selain itu, Menhub juga meminta Kadishub untuk menindak tegas terhadap bus pariwisata yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan.