Puan – Tjahjo Rangkap Jabatan, Pimpinan Tak Mau Tahu

Puan - TjahjoPuan - Tjahjo

IntaNews Media, Jakarta – Nama Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang tergabung dalam Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ironisnya masih tercatat sebagai anggota dewan di Kesekjenan DPR RI. Kedua kader PDI Perjuangan itu seharusnya langsung digantikan oleh yang lain saat menjabat sebagai menteri.

Menurut Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto, pihaknya tidak bisa ikut campu dalam urusan mengenai kebijakan partai politik. Hal yang terkait PAW (pergantian antar waktu) akan diserahkan sepenuhnya kepada Fraksi PDIP di parlemen.

“Ini hak fraksi sebagai perpanjangtanganan parpol. Semuanya merupakan hak penuh partai politik,” ujar Agus di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Politikus Partai Demokrat itu menyarankan PDIP mempertimbangkan tentang efektivitas kinerja komisi yang kursinya masih kosong karena belum memiliki pengganti.

“Itulah perlu pertimbangan parpol, apakah berkurang ini kinerja fraksi yang bersangkutan. Tapi, berkurang atau tidak itu hak parpol yang bersangkutan. Sudut pandang positif-negatif berada di tangan parpol itu sendiri,” tandas Agus.

Agus melanjutkan, sudah ada aturan yang mengatur tentang masalah itu dan hal tersebut tidak perlu campur tangan dari pimpinan DPR.

“Semua aturannya jelas, konsekuensinya jelas, bagaimana-bagaimananya jelas. Dan, kita tentu kurang baik memasuki wilayah yang bukan wilayah kita,” pungkasnya.