Asal Mula Lahirnya Hari Ibu

Ilustrasi Hari IbuIlustrasi Hari Ibu (Foto: annida-online.com)

Frekvensi.com, Pendidikan - Masyarakat Indonesia, setiap 22 Desember selalu memperingati Hari Ibu. Perayaan hari nasional ini ditujukan bagi seluruh ibu-ibu di Indonesia, atas perannya di dalam keluarga dan tindak sosialnya di tengah masyarakat.

Kendati dirayakan secara nasional, namun tak semua warga Negara Indonesia tahu soal awal mula ditetapkannya hari besar tersebut. Seperti dilansir Okezone, sejarah Hari Ibu ini terjadi pada 22-25 Desember 1928.

Saat itu, sejumlah pejuang perempuan dari 12 kota di tanah Jawa dan Sumatera menggelar Kongres Perempuan Indonesia I di Yogyakarta. Dalam kongres itu, mereka menyatukan pikiran dan semangat untuk turut berjuang merebut kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum wanita di Indonesia ke depan.

Dari usaha penyatuan cita-cita itulah diputuskan beberapa poin penting. Salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kemudian dikenal dengan nama Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Namun, penetapan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember tidak diputuskan saat itu, tetapi pada 1938 atau tepatnya dalam Kongres Perempuan Indonesia III. Penetapan Hari Ibu diilhami perjuangan para pahlawan perempuan yang hidup di abad ke-19.

Halaman 1 2