Johan Budi: Festival Antikorupsi Harus Punya Dampak

Pimpinan sementara Komsi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sapto PribowoPimpinan sementara Komsi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sapto Pribowo (Foto: Okezone)

Frekvensi.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memperingati Hari Antikorupsi sedunia dengan menggelar Festival Antikorupsi di Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Pimpinan sementara KPK Johan Budi berharap festival yang akan digelar pada 10 dan 11 Desember 2015 ini tidak hanya seremonial tetapi mempunyai dampak yang positif. ”Festival ini memang seremonial tapi jangan hanya sekedar seremonial. Festival ini harus punya dampak,” bebernya dalam siaran pers, Rabu (25/11/2015).

Johan juga berharap festival ini jadi pembelajaran yang melekat pada masyarakat. Dengan begitu, pencegahan korupsi dapat lebih maksilam. ”Kami harap dengan adanya festival ini di Bandung, virus antikorupsi bisa menular dan mendunia,” ungkap Johan.

Sementara itu, Deputi bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan menuturkan, melalui festival ini, pihaknya ingin memperkenalkan inovasi dari usaha pencegahan korupsi. ”Dari aspek pencegahan, festival ini adalah sinyal bahwa pencegahan korupsi harus dilakukan semua pihak bukan cuma KPK dan pemerintah,”ujarnya.

KPK menggandeng Pemerintah Kota Bandung dan Konsorsium Komunitas Antikorupsi. Komunitas itu bakal mengkampanyekan sekaligus memberi eduksi antikorupsi kepada masyarakat dengan memakai pesan ‘Prung! #gakpakekorupsi’ yang berarti ajakan agar segera memberantas korupsi mulai dari diri sendiri.

Halaman 1 2