Bantuan 103 Rumah Untuk Korban Gunung Sinabung

Bantuan Gunung SinabungBantuan Gunung Sinabung

Frekvensi.com - Sebanyak 103 unit rumah disalurkan kepada korban Gunung Sinabug, Tanah Karo, Medan, Sumatera Utara. Penyerahan rumah itu diberikan secara simbolis oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya kepada Plt Bupatati Karo Terkelin Brahmana.

Dalam acara tersebut hadir Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif dan Gubernur Sumatera Utara, H. Gatot Pujo Nugroho, dan warga pengungsi.

Menteri Siti Nurbaya mengaku mendapat permintaan dari pengungsi korban Sinabung. Di antaranya adalah penyediaan fasilitas umum di kawasan perumahan tersebut. “Tadi kepada saya sudah dikatakan oleh Pak Gubernur dan Pak Syamsul Ma’arif, tolong disampaikan kepada Bapak Presiden, setelah ini kita siapkan apa lagi?” ujar Menteri Siti Nurbaya di Medan, Selasa (5/5/2015)

103 Rumah dibangun tim gabungan TNI AD, masyarakat pengungsi, dan masyarakat umum. Lokasi perumahan ini berada di kawasan hutan produksi di Kecamatan Merek.

Pembangunan rumah tersebut diperuntukkan bagi warga Desa Bekerah dan merupakan tahap awal dari pembangunan site plan relokasi yang direncanakan sebanyak 267 rumah. Sejak akhir Oktober, tim juga membangun jalan sepanjang 9,2 km dan pembersihan lahan.

Menurut Siti Nurbaya, semua itu harus menjadi langkah bersama. Karena tidak mungkin pemerintah mampu bekerja sendiri. “Dan tidak mungkin kami biarkan masyarakat sendiri,” tambah dia.

Dia berpesan supaya masyarakat yang akan menghuni lokasi baru itu dapat hidup harmonis dan tidak mengganggu kawasan hutan.

Menanggapi usulan kelengkapan fasilitas umum relokasi pengungsi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Ma’arif meminta Bupati untuk menginventarisir hal yang dibutuhkan. Dia berjanji akan memenuhi permintaan tersebut.

“Jadi biarpun statusnya tidak bencana nasional, tetap saja kebutuhannya kita penuhi,” ucap Syamsul.

Pemprov Sumatera Utara, Pemkab Karo, dan Wakil Ketua DPR sebelumnya menggelar rapat terkait dampak erupsi Gunung Sinabung. Dalam pertemuan tersebut telah disepakati untuk mengusulkan erupsi Sinabung menjadi bencana nasional atau membentuk badan rekonstruksi dan rehabilitasi.

Menanggapi hal tersebut, Syamsul mengatakan pihaknya akan melihat dulu efektivitas dari usulan tersebut. “Apabila lebih baik, kita lakukan. Kalau tidak, ya tidak usah,” tukas Syamsul. (Ed: MR)