Deklarasi Gerakan Nasional Rehabilitasi Pecandu Narkoba Segera Digelar BNNP DIY

Foto Ilustrasi NarkotikaFoto Ilustrasi Narkotika

Frekvensi.comDI Yogyakarta - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar Deklarasi Gerakan Nasional Rehabilitasi 100.000 Penyalahgunaan Narkoba. Kegiatan ini akan diselenggarakan di sepanjang Jalan Mangkubumi hingga Tugu Yogyakarta, Minggu (10/5/2015) nanti.

Kepala Litbang Linmas Pemda DIY, Agung Supriyono mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan dalam rangka upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di DIY.

“Pengguna narkoba di Yogyakarta termasuk tinggi. Tahun 2014, Yogyakarta berada di peringkat ke 5 se-Indonesia sebagai pemakai narkoba terbanyak,” kata Agung di Kantor Gubernur DIY, Rabu (6/5/2015).

Pelaksanaan akan dimulai pukul 06.00 WIB dan dibuka dengan senam bersama selama satu jam sampai pukul 07.00 WIB. Setelah itu akan dilakukan selfie run bersama 100.000 warga yang hadir. Pembacaan deklarasi sendiri akan dilakukan sekitar pukul 08.30 WIB yang sebelumnya dibuka oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X (HB X).
“Pembacaan deklarasi rencananya akan dilakukan oleh Sri Sultan dan diikuti oleh rakyat. Di dalam deklarasi berisi empat bulir pernyataan. Akan ada pula penandatanganan program rehabilitasi,” katanya.
Selain pembacaan deklarasi, juga akan diadakan pentas tari tradisional, flash mob dan penampilan band.

Berdasarkan data yang dikemas oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY sampai akhir 2014 lalu, jumlah penyalahguna narkotika di wilayah 5 kabupaten kota mencapai jumlah yang sangat tinggi yaitu mencapai 62.028 pengguna. Sayangnya masih sedikit yang sudah direhabilitasi.