Indosat dan XL Resmi Berbagi Jaringan 4G

Share:

Frekvensi.com, Jakarta – Kedekatan Indosat Ooredoo dan XL Axiata membuahkan peresmian kesepakatan proyek network sharing 4G LTE pertama di Indonesia. Kedua operator akan menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota seperti Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin menggunakan teknologi Multi Operator Radio Access Network (MORAN). Kerjasama ini direncakan akan diperluas ke beberapa kota lain seiring kebutuhan dukungan akan agenda ekonomi digital di Indonesia.

Di beberapa negara maju, network sharing (kerja sama berbagi jaringan) sudah sering dilakukan demi perluasan jangkauan jaringan. Mengenai hal ini, Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, berharap kerja sama ini tidak mengalami gangguan.

“Kami senang dapat bekerjasama dengan XL Axiata. Kerja sama ini memperluas jaringan 4G LTE untuk pelanggan kita dan mendukung program pemerintah membangun ekonomi digital Indonesia,” ujarnya sebagaimana dikutip detikINET, Rabu (20/1/2016).

Hal yang sama juga diungkapkan Presiden Director dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, yang menyatakan bahwa kerja sama network sharing ini merupakan bagian komitmen XL dalam mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang merata di Indonesia.

Pada tahap awal, MORAN akan diterapkan di beberapa kota, selantjutnya akan diperluas dengan bentuk kerja sama lain yang lebih baik. Tujuan tetap sama, memberikan jangkauan jaringan yang lebih luas.

Impelementasi network sharing pada tahap awal baru sebatas radio access network. Selanjutnya ditambahkan bahwa XL dan Indosat akan melanjutkan kerja sama dengan pemerintah agar kerja sama diperluas menjadi core network sharing.

Dian berpendapat, “Ini akan lebih meningkatkan penghematan yang dapat dilakukan perusahaan untuk dapat melayani pelanggan pengguna LTE lebih banyak, tentunya dengan kecepatan data yang tinggi dan pengalaman penggunaan layanan yang lebih baik.”

 

Indosat dan XL Resmi Berbagi Jaringan 4G | Siti Munawaroh | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya