Kemenhub Beberkan Kabin Lion Air Beku

Pesawat Lion Air B737-800 terparkir di run way Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (19/8/2015)Pesawat Lion Air B737-800 terparkir di run way Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (19/8/2015). Foto: Kompas

Frekvensi.com, Jakarta – Menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), masalah teknis menjadi faktor penyebab suhu dalam kabin pesawat Lion Air rute Jakarta-Makassar amat dingin hingga membuat air di kabin pesawat membeku, dan pesawat didaratkan di Surabaya untuk keselamatan penumpang.

“Hanya kesalahan teknis saja, sudah dibetulkan dan sudah laik terbang,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo ketika ditemui di Jakarta pada Selasa (23/12/2015).

Menurutnya, langkah pesawat Lion Air yang mendarat di Surabaya adalah upaya untuk mengutamakan keselamatan supaya kerusakan pendingin ruangan itu dapat segera diatasi. Suprasetyo mengaku, inspektur sudah mengecek kondisi pesawat secara teknis sebelum terbang.

“Pengecekan di darat sudah, kemungkinan saja ada pengaruh dari suhu, sehingga velve tidak fleksibel, dan itu teknis, tapi itu tidak menyebabkan major damage,” jelas Suprasetyo.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Lion Air JT772 tujuan Jakarta – Makassar terpaksa mendarat di Surabaya karena temperatur udara di kabin mendingin sampai membuat air membeku. Peristiwa itu terjadi usai pesawat lepas landas sekitar pukul 21.00 WIB, Senin (20/12/2015) dari Jakarta menuju Makassar.